Simpan Pinjam

IMG-20150617-03352

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3 tujuan koperasi Indonesia adalah “koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

Jadi, sebagaimana koperasi pada umumnya, KWSG pun bertujuan memajukan kesejahteraan anggota lewat aktivitas simpan pinjam anggota. Kegiatan simpan pinjam anggota ini dilayani di Unit Simpan Pinjam, berlokasi di kantor pusat KWSG. Unit Simpan Pinjam  dibentuk untuk menghimpun tabungan dan menyalurkan ke anggotanya dalam bentuk pinjaman dengan mudah dan bunga ringan.  Selain itu dari unit inilah anggota bisa memperoleh SHU

Pencapaian kinerja yang diperoleh unit ini terus mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 Pendapatan Unit Simpan Pinjam mencapai angka Rp. 31,60 Milyar atau naik sebesar 117% dari pencapaian tahun 2013. Bahkan di sisi SHU unit ini mampu meningkatkan pencapaian sebesar 124% dibanding realisasi yang diperoleh pada tahun 2013.

Selain itu Unit Simpan Pinjam mampu menghimpun Dana Simpanan Anggota pada tahun 2014 hingga mencapai angka Rp. 106,9 milyar sedangkan nilai Pinjaman Anggota mencapai Rp. 115,8 milyar. Besarnya animo anggota pada pinjaman, membuat Unit Simpan Pinjam bekerjasaama dengan Bank Mandiri untuk menyediakan kekurangan dana pinjaman yang disalurkan ke anggota. Dalam memberikan pinjaman ke anggota, Unit Simpan Pinjam memberlakukan sistem kredit limit dari gaji anggota. Jangka waktu pinjaman anggota adalah 1 – 5 tahun. Selain anggota menerima manfaat bunga ringan atas pinjaman, pinjaman anggota mulai Rp5.000.000,-  anggota juga dilindungi asuransi jiwa Askrindo.