Pada tahun 2021, Perusahaan tetap mencatatkan pertumbuhan di tengah kondisi pasar yang menantang. Untuk mempertahankan stabilitas performa Perusahaan di tengah situasi yang makin sulit, Perusahaan menerapkan kebijakan strategis yang berfokus pada pengembangan dan implementasi kebijakan efisiensi melalui integrasi dan clustering unit usaha yang profitable. Misi strategis yang dituju dalam pengembangan usaha dan varian produk adalah untuk meningkatkan pertumbuhan revenue, meningkatkan keunggulan daya saing dari bisnis eksisting, serta memperkuat kinerja antar lini bisnis. Sehingga ke depannya berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi sumber pendapatan baru untuk meningkatkan nilai tambah Perusahaan.

Dari sisi pendapatan, pada 2021 Perusahaan berhasil membukukan pendapatan secara konsolidasi sebesar Rp 1,87 trilyun atau 98% dari realisasi tahun 2020 sebesar Rp1,91 trilyun atau 91% dari RKAP tahun 2021 sebesar Rp 2,05 trilyun. EBITDA sebesar Rp 29,80 milyar atau 66% dari realisasi tahun 2020 atau 60% dari RKAP tahun 2021 sebesar Rp 49,59 milyar . Tidak tercapainya target pendapatan tersebut utamanya disebabkan adanya pandemi COVID-19 yang membuat permintaan terhadap produk perdagangan bahan bangunan dan produk jasa lainnya mengalami penurunan.

Kontribusi pendapatan dari perdagangan semen 80%, yaitu Rp 1,50 triyun atau secara volume
naik 2% yaitu mencapai 1,56 juta ton dari tahun 2020 sebasar 1,53 juta ton. Pendapatan dari perdagangan non semen mencapai Rp 270,98 milyar. Proporsi pendapatan non semen sebesar 14,5% dari total pendapatan Perdagangan Bahan Bangunan.

Sementara dari segi profitabilitas, Perusahaan berhasil meningkatkan kinerja pada tahun 2021 dengan hasil memuaskan, yang ditandai dengan peningkatan SHU sebelum pajak tercapai sebesar Rp1,72 milyar atau sebesar 152% dari realisasi tahun 2020 sebesar Rp 1,13 milyar atau 290% dari RKAP tahun 2021 sebesar Rp 592 juta. Sebuah pencapaian yang menyuntikkan energi optimisme untuk terus memanfaatkan momentum dan mengasah kapabilitas. Resistensi yang telah teruji menjadi kekuatan Perusahaan untuk meyakini bahwa setiap kesempatan yang ada akan mampu dimanfaatkan dengan optimal dan membawa Perusahaan ke masa depan yang lebih baik. Dengan kemampuan inilah Perusahaan dapat melaju dengan baik dan mampu menghadapi era yang sarat tantangan.

Pandemi belumlah selesai sepenuhnya hingga di penghujung tahun 2021. Hal tersebut berdampak secara signifikan terhadap sistem sosial, ekonomi, dan politik Indonesia. Dua fenomena inilah yang akan menjadi poin refleksi sekaligus kontemplasi dalam melihat tantangan multidimensi dalam situasi ketidakpastian saat ini dan ke depan. Tahun 2021 merupakan landasan Perusahaan selanjutnya untuk kebersamaan masa depan yang lebih baik dalam hal pertumbuhan perusahaan, efisiensi dan penciptaan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan Perusahaan. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan One Team, One Spririt, One Goal, To be Winner, manajemen dan segenap insan KWSG optimis bisa memberi value lebih pada anggota dan para pemangku kepentingan lainnya pada tahuntahun mendatang.

Perusahaan juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota, pelanggan dan
mitra kerja, atas kepercayaan dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik. sehingga Perusahaan mampu melewati dinamika bisnis yang penuh tantangan tersebut dengan capaian yang positif untuk kemakmuran bersama bagi Anggota, pegawai, dan semua pemangku kepentingan lainnya.

Kategori: Berita Terbaru